Jumat, 02 November 2012

Mengapa Nama Artis Korea Pasaran?

Ada kejadian kocak di balik layar drama komedi “What is Mom” yang tengah tayang di Korea. Para pemeran mengira akan berakting dengan komedian Park Myung Soo. Tapi yang muncul malah personel boyband Infinite Kim Myung Soo, yang namanya memang mirip.


Di berbagai forum dan portal berita juga sempat muncul bahasan mengenai nama-nama artis Korea yang pasaran alias sama. Nama Kim Ki Bum misalnya, dimiliki oleh tiga orang yang tersebar pada boyband Super Junior, U-Kiss, dan SHINee.

Mengapa artis-artis Korea memiliki nama pasaran?

Secara umum, nama orang Korea dibagi dalam tiga suku kata. Nama keluarga (marga) ditempatkan paling depan, diikuti dua nama diri. Hampir separuh penduduk Korea memiliki nama keluarga Park, Kim, atau Lee. Selain itu ada nama keluarga seperti Choi, Kang, Han, Kwon, Jung dan lain-lain.

Sedangkan nama diri yang diletakkan setelah nama keluarga, sering kali menggunakan kombinasi itu-itu saja. Misalnya awalan Seung, dipakai pada nama Seung Gi, Seung Ri, Seung Hyun, Seung Ah, dan Seung Yeon. Akhiran Yeon pada Seung Yeon tadi juga banyak dipakai dengan nama awalan lain seperti So Yeon, Hyo Yeon, Tae Yeon, dan Ji Yeon.

Itu sebabnya meski memiliki nama keluarga berbeda, namun nama asli dapat sama. Misalnya Park Ji Yeon, Kim Ji Yeon, dan Lee Ji Yeon. Bahkan karena pengguna nama keluarga Park, Kim dan Lee sangat umum, sering terjadi beberapa nama yang sama persis seperti Park Ji Yeon (T-ara) dan Park Ji Yeon (penyanyi solo).

Lantas apa yang dapat dilakukan untuk menyiasati nama yang sama?

Personel boyband JJ Project Park Jin Young memiliki nama yang persis sama dengan pemilik dan produser JYP Entertainment. Ia pun mendapat julukan Park Jin Young junior. Namun untuk membedakan diri dengan Park Jin Young senior, ia menggunakan nama Junior (disingkat Jr.) sebagai nama panggung.

Nama panggung juga yang membedakan ketiga orang Kim Ki Bum di awal tulisan ini. Kim Ki Bum dari U-Kiss menggunakan nama panggung Allen, sedangkan Kim Ki Bum dari SHINee dikenal dengan nama Key.
Jika tak ada nama panggung, penggemar akan kesulitan membedakan. Contohnya, ketika Jong Hyun (SHINee) secara iseng mengganti akun Twitter menjadi Jong Hyun (CN Blue) dan membuat penggemar terkecoh saat April Mop lalu. Bayangkan juga jika Narsha dan JeA yang satu grup di Brown Eyed Girls enggan memakai nama panggung — sementara keduanya sama-sama bernama Hyo Jin.

Publik asing pun dapat lebih mudah mengenal artis Korea lewat nama panggung. Lizzy, Luna, Sulli, G-Dragon, T.O.P, IU, dan PSY terkesan lebih akrab ketimbang nama seperti  Park Soo Young, Park Sun Young, Choi Jin Ri, Kwon Ji Yong, Choi Seung Hyun, Lee Ji Eun, dan Park Jae Sang yang merupakan nama asli mereka.

Sayangnya ketika membintangi drama komedi, ada semacam kebijakan menggunakan nama asli untuk membentuk citra personal. Inilah sebabnya Kim Myung Soo salah dikenali. Jika ia menggunakan nama panggungnya yaitu L, tentu tak ada yang akan salah mengira.

Asalkan, memilih nama panggung juga dilakukan dengan cermat. Soalnya, Sun Ye (Wonder Girls) pernah hampir memakai nama panggung Sunny seperti milik personel SNSD. Untung saja tak jadi.


(Yahoo OMG)

0 komentar:

Poskan Komentar