Sabtu, 01 September 2012

Special Affairs Team TEN



Aku pecinta drama detektif. So kali ini ijinkan aku mereview salah satu drama detektif atau investigasi yang cukup menarik perhatianku. Walau judulnya panjang Special Affairs Team TEN. kadang aku singkat jadi Team Ten saja dari pada ribet.

Menjadi penjahat bukan keinginan seorang kriminal, tapi terjerumus tanpa disadari mungkin kata yang paling tepat. Menjadi penjahat untuk mengungkap kejahatan adalah cara terakhir yang menyebalkan, tapi jika diperlukan hal itu kadang menjadi kunci mengungkap sebuah kasus. Kali ini Team Ten menyajikannya dengan cara yang berbeda. Mari kita kupas bersama.


Judul : 텐 / Ten
Dikenal juga : 특수사건전담반 TEN / Special Crimes Force TEN
Genre : Crime, mystery, thriller
Sutradara : Lee Seung Yong.
Penulis : Lee Jae Gon, Nam Sang Wook.
Episode : 9
Tayang : OCN, mulai 18 november 2011 - 13 januari 2012, setiap jum'at 24.00 kst.

Pemain utama
Joo Sang Wook sebagai Yeo Ji Hoon
Jo An sebagai Nam Ye Ri
Kim Sang Ho sebagai Baek Do Shik
Choi Woo Shik sebagai Park Min Ho


Ringkasan cerita 

“To catch a criminal, be as evil as he is"

Mereka dari divisi yang berbeda Yeo Ji-Hoon seorang detektif awalnya, hingga sebuah kasus membuatnya mundur dan memilih menjadi pengajar di universitas. Dia adalah pemimpinSpecial Affairs Team TEN ini. Kemudian ada Nam Ye-Ri detektif yang memiliki kemampuan dalam membaca kejiawaan seseorang tak ada yang mampu berbohong jika sudah berada didekatnya. Baek Do-Sik seorang detektif yang lebih menggunakan intuisi dari pada bukti. Detektif senior yang sangat di hormati dan satu lagi, Park Min-Ho detektif muda yang karena tertarik dengan cara kerja Professor Yeo Ji-Hoon maka Ia pun ikut bergabung. Mereka tidak saling mengenal satu sama lain (kecuali prof Ji-Hoon dan Min-Ho). Hingga ada beberapa kasus yang bocor ke publik dan menggemparkan masyarakat.


Dibuka dengan kasus yang berjudul "The Tape Murder(pembunuhan dengan lakban)" Baek Do-Sik yang sedang sibuk mempelajari sebuah TKP (tempat kejadian perkara) mencari bukti apakah korban itu bunuh diri atau dibunuh. Di tempat yang berbeda prof kita Ji-hoon, sedang mengajar di hubungi oleh pimpinannya tentang penemuan sebuah mayat, yang sama persis dengan kasus yang pernah Ia tangani sebelum menjadi profesor otomatis Ia diminta menanganinya lagi dan akhirnya malah berpartner dengan Min-ho. Di lain pihak Nam Ye-Ri juga sedang sibuk menangani kasus pencarian seorang gadis yang tiba - tiba menghilang dan seperti Ji-hoon, dia juga ditemui oleh atasannya untuk menyelidiki sebuah kasus spesial.



Tiga kasus itu terlihat berbeda dan sangat rumit tapi sebenarnya bersumber pada satu pihak, satu kejadian yang sama dan satu pelaku yang sebenarnya bukan pelakunya (lho bagaimana ini?). Yup banyak bukti yang akhirnya mengarahkan mereka untuk menuntaskannya bersama. Hingga kasus inilah yang membuat mereka menjadi satu tim dan di sebut Special Affairs Team TEN karena mereka menguak kasus yang presentasi di ungkapnya dibawah 10%. Episode berikutnya bisa dibilang lebih gila lagi. Pembunuhan satu rumah dan yang di jadikan tersangka adalah nenek yang kena alzheimer. Semua bukti mengarah ke si nenek (bagaimana mereka mengungkapnya coba ditebak?).


Untuk episode berikutnya tetep bikin penasaran dan selalu kelihatan sulit. Tapi, dengan kecekatan ilmu kejiwaan Ye-ri, intuisi hebat Do-sik (si ular beracun), ketelitian Min-ho serta kepemimpinan Ji-hoon yang ciamik bikin tim ini patut di acungi jempol. Pokoknya selalu ada faktor x yang membuat mereka bisa mengungkap kasus, padahal kelihatannya gak mungkin.



Dari segi gambar bisa dibilang drama ini hampir sama dengan drama - drama detektif jaman sekarang. Visual yang keren dengan efek CG dan pewarnaan yang mirip film itu. Walau tidak ada adegan perkelahian atau yang semacamnya yang di selipkan, tapi efek drama ini tetap memikat dengan misteri dan clue - clue yang membuat para penontonnya ketagihan dan berfikir bersama. Seperti apa akhir dari kasus yang mereka kerjakan. Interior dan alat yang digunakan dalam memecahkan kasus juga cukup menunjang.


Kilasan kepedihan dari tiap pemain yang digambarkan dari masa lalu masing - masing (di buatkan satu episode ini). Selain itu penanyangan drama ini cukup panjang lho. walau di putar tengah malam drama ini, memakan durasi yang panjang sampai 2 jam full kadang. Tapi sebandinglah dengan cerita yang di suguhkan. Oh yah, Ji-Hoon adalah orang yang misterius menyimpan segala sesuatunya sendiri dan dengan kodenya sendiri apakah diepisode terakhir sifatnya ini akan ketahuan atau tidak. Silahkan nonton sendiri.

Terakhir dari penulis:
Mereka adalah kumpulan orang yang mencari kebenaran yang menutupi kebenaran mereka sendiri. Bergumul dengan sesuatu yang tak mungkin mereka hindari. Manusia punya kesalahan dan kesempurnaan yang kadang membuat mereka terlihat berbeda, hingga sulit diterima. Menutupi itu semua memang sangat sulit, tapi demi mencari sesuatu yang lebih baik kenapa tidak.




Apa yang di simpan Ji-Hoon disini? Kenapa semua file ditandai huruf F??

Thanks for reading, don't forget leave a comment....

0 komentar:

Poskan Komentar